Posted by Phantom-Manz Blog
Saturday, 1 February 2014
Basic tutorial RPG Maker VX
Hai all, kali ini saya akan berbagi tutorial dasar untuk pemula
langsung saja !!!
PART I : STARTING UP
because you need to click the icon to start
A. Cara bikin project
pertama-tama, buka RMVX (mana bisa bikin project kalau VX aja blum kebuka ) lalu klik File ---> New Project
nah, pas ada pop up, masukan nama projectnya trus klik 'OK'. selesai dah.
ah, buat ngatur file-filenya bisa langsung lewat windows explorer. misalkan kalau mau nge rename file-file resource, atau mungkin mau nambah resource. memang bisa menggunakan resource manager, tapi resource manger terbatas pada import dan export doang.
B. Compressing Game Data
nah, ini sebenarnya langkah terakhir dalam mengerjakan project. tapi ga masalh lah di taruh di sini. bingung mau ditaruh bagian mana lagi soalnya.
nah, caranya yaitu klik
File ---> Compress Game data
nantinya file data project bakal di kompres jadi semacam file *.exe (mirip2 installer lah)
ah,
btw, supaya gamenya bisa jalan (apalagi kalau tidak menggunakan resource original smua), orang yang mau main butuh RTP (runtime Package. cek di sini).
kalau tidak mau orang buat masang RTP, ada dua cara sebenarnya:
- gunakan resource full original, atau
- ceklist 'include RTP Data' pas compres gamenya.
dalam compress game data juga bisa di encript datanya biar resource yang dipake ga kliatan (ga bisa di colong orang). meski begitu, sistem kompresi default RMVX masih bisa dibilang kurang kuat. toh ada jug aorang yang bisa bobol.
tapi jangan berkecil hati. ada banyak kok script buat melindungi data. google is your best friend
C. Control yang musti diketahui pas play testing
[list]
Key Control | Fungsi |
alt + enter | full screen atau windowed mode |
alt+f4 | tombol sakti kalau game ngehang... FORCE QUIT!!! |
F12 | reset (balik ke title screen) |
F2 | munculin FpS (frame per second a.k.a. frame rate) |
F9 | buka debug screen |
ctrl | kalau pas playtest, bisa nembus tembok ama event. trus ga dihadang musuh |
sepertiya itu doang buat permulaan...
lanjut ke MAP!!!
------------------------
PART II : MAP
go grab some or just get lost!
A. Apa itu map?
jika ada orang yang nanya pertanyaan di atas... bah... buka google dah
kalau character game adalah aktor, maka map adalh panggungnya. segala sesuatu yang dilakukan oleh aktor terjadi di map. aktor juga sibuk ngerjain quest di atas map. bisa dibilang, map adalah salah satu inti dari rpg.
gitulah kira-kira
B. Membuat map baru
semua map yang terdapat dalam project bisa dilihat di 'map tree'. tempatnya di sudut kiri bawah window RMVX. membuat map baru sebenarnya gampang (baru membuat, belum menyusun lho ).
tinggal klik kanan di 'map tree' trus klik new map.
nah, bakal ada popup window berisi settingan standar map seperti paralax (gambar yang menjadi background mamp), bgm sound (lagu yang diputas pas player ada di map), encounter (musuk yang bakal ngehadang player di map).
habis setting tinggal klik 'OK'. dan anda telah mendapatkan sebuah map kosong. sekarang tergantung anda mau diapain itu lembaran map.
C. Tiles? tegel?
secara harfiah iya. map itu terdiri dari potongan-potongan tileset yang digabung jadi satu.
tileset sendiri dibagi menjadi 5 part dalam resource. tileset A-E.
- tileset A. berisi terrain. macam tanah, lantai, atau dinding.
- tileset B - E berisi benda-benda yang bakal di taruh di atas terrain. macam kursi, meja, dll
memang banyak yang bilang mapping di VX kalah jauh dibanding XP dalam beberapa hal. tapi bagi yang baru belajar, mapping VX jauh lebih sederhana (karena adanya sistem layer otomatis.
ada juga autotiles. tiles yang otomatis menyesuaikan bentuknya. jadinya tinggal drag gitu. biasanya autotiles buat lantai dan dinding. dan satu hal lagi, auto tiles bisa di animasikan. jadinya bisa dibikin bergerak-gerak.
D. cara masang tiles
logikanya sama aja kalau nyusun puzzle atau mengambar di paint. pilih tile yang mau dipasang, lalu klik kiri pada map. nah, udah kepasang tuh tile.
ada beberapa tipe 'brush' dalam mapping
- pencil = mirip pencil tool di paint. jadinya masang satu-satu gitu
- Rectangle = masangnya bentuk kotak. dan di dalam kotak bakal diisi ama tiles
- elipse = mirip ama rectangle cuman yang ini bentuknya bulet
- fill = semua bagian yang kosong bakal diisi (mirip pain bucket tools)
ah, kalau mau bikin map sebaiknya masang dinsing ama lantai baru masng benda2 lainnya. jadi sebaiknya dimulai dari tile A dulu
E. Passage setting
menandakan bagian mana yang bisa di lewati, atau yang tidak bisa dilewati. (x) berarti ga bisa di lewati. (o) berarti bisa dilewati. (*) berarti player lewat dibawahnya.
buat ngutak-atik pasage setting, tinggal klik gambar orang yg ada di toolbar VX.
F. Dungeon Generator dan Areas
terlalu malas bikin dungeon? VX bisa bikin dungeon buat u. tinggal klik kanan di 'map tree' trus klik generate dungeon. pilih lantai dan dinding yang mau dipake dan selesai.
meski begitu tentunya hasilnya random. dan belum ada event yang terpasang. tapi paling ga bisa mengurangi pekerjaan.
ada juga settingan area. mirip2 map di dalam map. jadinya setting encounter dalam map bisa berbeda-beda sesuai areanya. caranya tingal klik kanan di 'map tree' trus pilih 'new area'
G. Beberapa tombol berguna saat mapping
- menahan tombol shift saat memasang autotiles akan mematikan fungsi autotiles. jadinya autotiles sama seperti tiles biasa. (credit to hart & kuro_creator)
- ctrl+T untuk menggeser map (credit to kuro_creator)
sekian untuk pengenalan tentang map.,.,
------------------------
PART III : EVENT
another quest?
A. Apa itu event?
segala sesuatu yang 'terjadi' dalam project bisa dibilang dikendalikan oleh event. (perhatikan, pake tanda kutip lho). Mulai dari cerita, percakapan, quest, bahkan ada beberapa minigame dikendalikan dengan event. bahkan pada RM2k, segala sesuatu dikendalikan oleh event.
meski di RMVX ada yang disebut 'script' (bakal dibahas nanti), bukan berarti peran event di gantikan sepenuhnya oleh script (gila aja dah).
B. Tpe-tipe event
pada dasrnya event RMVX dibagi jadi tiga, yatu:
- Map event = event yang dipasang di atas map. ini adalah tipe event yang paling banyak digunakan! dan bersentuhan langsung dengan player tentunya.biasanya digunakan untuk cerita, percakapan, quest, atau minigame. cara memasangnya? klik layer event (icon bertuliskan 'ev' di toolbar) lalu tinggal double click area di map tempat event akan dipasang. ah, jangan terlalu banyak memasang map event. karena bisa mengakibatkan game jadi sedikit ngelag (apalagi di komputer yang spesifikasinya rada kurang). saran eve, cukup 80 event dalam map atau kurang dari itu.
- Common event = ini adalah event yang bisa dipanggil dari map event atau battle event. bisa juga di set untuk aktif saat penggunaan item atau skill. bisa diset pad tab 'Common Event' di database.
- battle event = dari namanya kelihatan jelas. ini adalah event yang berlangsung sat batle. bisa diakses lewat database troops.
C. The Event
- Event page
ketika membuat sebuah event, di sudut kiri atas akan terlihat settingan event page. berapa event yang terpasang dalam tile itu dan juga kondisi yang dibutuhkan agar event bisa aktif. settingannya antaralain:
- Switch : ketika switch yang didefenisikan disini aktif, maka event juga akan aktif. misalkan apabila 'dark lord' dikalahkan, maka switch 1 aktif. nah, smua event yang menggunakan condition switch 1 otomatis akan aktif.
- variable : data berupa nomor (integer). jadi apabila sebuah variable mencapai titik tertentu dan event diset pada nilai variabel itu, maka event akan aktif.
- self switch : switch yang hanya berlaku untuk sevent itu sendiri. jumlah self switch tiap event ada 5 buah. biasanya digunakan pada pintu, atau chest.
- Items : event akan aktif apabila party memiliki item yang di set.
- Actor: event akan aktif sat aktor yang telah di set bergabung dalam party.
- Triggers
cara aktifnya event dsetting dalam triggers. adapun triggers dalam RMVX antara lain:
- Action button : event akan aktif apabila player menekan action button (dalam hal ini tombol 'Z' di keyboard atau 'spasi'.
- Player touch : event akan aktif saat player bersentuhan dengan event.
- event touch : event akan aktif saat event menyentuh player. (hampir mirip dengan player touch)
- autorun : begitu autorun aktif, player akan otomatis kehilangan kendali terhadap aktor sampai event autorun dihentikan. dan ingat! event autorun akan terus melakukan loop hinga event itu dihentikan baik dengan 'erase event' atau 'switch'
- paralel process : mirip dengan autorun. hanyasaja, paralel process tidak mengakibatkan player kehilangan kendali atas aktor.
karena commont event tidak terpasang pada map dan tentunya tidak berinteraksi langsung dengan player, maka trigger yang dapat digunakan hanyalah none, autorun dan paralel process.
D. Event Command
total perintah event dalam rmvx ada 84 (ya... delapan puluh empat!)
meski yang paling sering digunakan adalah show text, battleprocessing, transfer player, dan set move route.
langkah memasukkan event command yaitu:
- buat sebuah event (tentu saja )
- double klik baris yang bertuliskan "@>"
- lalu pilih event command yang ingin dimasukkan. kalau bingung apa fungsinya, tinggal klik kanan dan klik 'whats this?'
- setelah di set tinggal klik OK
- event telah bertambah
show text adalah event yang akan sangat sering sekali (duakali malah) digunakan. beberapa tag yang digunakan untuk mengatur tampilan text antaralain:
- \V[n] => menampilkan nilai variable n
- \N[n] => menampilkan nama actor n
- \C[n] => mengganti warna text menjadi warna n (input berupa nomor)
- \G => memperlihatkan jumlah uang
- \. => delay 1/4 detik
- \| => delay 1 detik
- \! => text berhenti sampai player menekan tombol
- \> => text muncul tanpa delay
- \^ => text langsung berpindah begitu selsai ditampilkan (auto scroll)
- \\ => menampilkan karakter ''
E. Quick Event Creation
RMVX lagi-lagi memanjakan penggunanya
tidak perlu repot membuat beberapa event. tinggal klik kanan pada map dan klik Quick Event Creation, maka akan muncul pilihan untuk membat beberapa event umum seperti:
- Location Change = untuk memindahkan actor
- Door = membuat event pintu
- Treasure Chest = membuat treasure chest
- Inn = membuat event penginapan
Sepertinya ini saja sudah cukup, untuk tutorial lainnya nanti menyusul